Thursday, March 8, 2012

Info wajib Buat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat : Apa itu Determinants of Health ??

" Kondisi sosial di mana orang tinggal kuat infuence mereka peluang untuk menjadi sehat. Memang faktor-faktor seperti kemiskinan, kerawanan pangan, sosial pengucilan dan diskriminasi, perumahan yang buruk, awal yang tidak sehat masa kecil kondisi dan status pekerjaan rendah adalah penting penentu kebanyakan penyakit, kematian dan kesenjangan kesehatan (Organisasi Kesehatan Dunia [WHO]). 
Kesehatan dipengaruhi, baik secara positif maupun negatif, akibat berbagai faktor. Beberapa faktor-faktor ini genetik atau biologis dan relatif tetap. 'Sosial penentu dari health'arise dari kondisi sosial dan ekonomi di mana kita hidup dan tidak jadi tetap. Jenis perumahan dan lingkungan kita hidup, kesehatan atau pendidikan layanan yang kami memiliki akses ke, pendapatan kita bisa menghasilkan dan jenis pekerjaan yang kita lakukan, misalnya, semua dapat mempengaruhi kesehatan kita, dan keputusan gaya hidup yang kita buat. Berbagai faktor telah diidentifikasi sebagai faktor penentu sosial dari kesehatan dan ini umumnya meliputi : konteks sosial-ekonomi yang lebih luas; ketimpangan, kemiskinan, sosial eksklusi; sosial ekonomi posisi; pendapatan; kebijakan publik; pelayanan kesehatan; pekerjaan, pendidikan, perumahan, transportasi, lingkungan dibangun; perilaku kesehatan atau gaya hidup, sosial dan jaringan dukungan masyarakat dan stres. Sebuah kursus kehidupan perspektif menyediakan kerangka kerja untuk memahami bagaimana determinan sosial kesehatan bentuk dan pengaruh kesehatan individu sejak lahir sampai usia lanjut.Orang yang kurang kaya atau yang menjadi milik kelompok sosial dikecualikan cenderung tarif parah sehubungan dengan determinan sosial ini. Sebagai contoh mereka mungkin memiliki lebih rendah pendapatan, pendidikan yang lebih miskin, kesempatan kerja yang lebih sedikit atau lebih genting dan / atau kondisi kerja yang lebih berbahaya atau mereka mungkin tinggal di perumahan miskin atau kurang sehat lingkungan dengan akses ke layanan atau fasilitas yang lebih miskin dari mereka yang lebih baik semuanya terkait dengan kesehatan miskin. Sedangkan jalur yang tepat melalui determinan sosial mempengaruhi kesehatan tidak jelas dan merupakan subyek melanjutkan penelitian, penting untuk dicatat bahwa :(1) faktor-faktor penentu Sosial berkontribusi terhadap kesenjangan kesehatan antara kelompok-kelompok sosial. Ini adalah karena efek dari faktor penentu sosial dari kesehatan tidak merata atau cukup di masyarakat.(2) faktor sosial dapat mempengaruhi kesehatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya perumahan lembab langsung dapat berkontribusi untuk gangguan pernapasan, sedangkan pendidikan Kerugian dapat membatasi akses terhadap pekerjaan, meningkatkan risiko kemiskinan dan nya merugikan dampak pada kesehatan.(3) faktor-faktor penentu sosial dari kesehatan saling berhubungan. Misalnya kemiskinan terkait untuk perumahan yang buruk, akses ke pelayanan kesehatan atau diet, semua yang pada gilirannya terkait dengan kesehatan.(4) faktor-faktor penentu sosial beroperasi pada tingkat yang berbeda. Masalah struktural, seperti kebijakan sosial ekonomi atau ketimpangan pendapatan, sering disebut 'upstream'factors. Downstream'factors Sementara 'seperti merokok atau stres beroperasi pada tingkat individu dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor hulu.
Upaya untuk mengatasi ketidaksetaraan dalam kesehatan harus mengatasi cara di mana sosial faktor penentu kesehatan yang didistribusikan secara tidak adil. Mengatasi faktor penentu sosial kesehatan menunjukkan 'melampaui penyebab langsung disease'and menempatkan kuat fokus pada faktor-faktor hulu, atau fundamental "penyebab penyebab '(WHO CSDH, 2007).

Sebagai Fran Baum, salah satu Komisaris WHO pada Determinan Sosial Kesehatan, telah menunjukkan, pemerintah perlu komitmen terhadap nilai-nilai kejujuran dan keadilan dan kemampuan untuk menanggapi kompleksitas faktor penentu sosial dari kesehatan 'luar mendesak individu untuk mengubah perilaku mereka "(Baum 2007:90).
sumber :http://sanitationhealth.blogspot.com/2012/02/pengertian-determinan-kesehatan-sosial.html
admin: Dwi Prase, Riza Widya, Rizky Rose, novi Nur

No comments:

Post a Comment